SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN ENTERPRISE
1. Apa yang dimaksud dengan CRM ? Mengapa hal ini sangat penting terhadap bisnis ?
Jawab :
CRM (customer relationship management)
mengatur hubungan dengan pelanggan baik keberadaan pelanggan maupun
pelanggan yang potensial. CRM dari segi bisnis maupun teknologi
menggunakan sistem informasi untuk mengkoordinasikan seluruh proses
bisnis seputar interaksi perusahaan dengan pelanggan baik dalam
penjualan, pemasaran dan jasa. Sistem CRM yang ideal menyediakan peduli
pelanggan (costumer care) dari permintaan sampai pada pengiriman produk.
2. Apa yang dimaksud dengan SCM ? Aktivitas apa saja dalam SCM ? Mengapa SCM sangat berperan penting dalam bisnis ?
Jawab :
SCM (supply chain management) / Managemen Rantai Suplai merupakan aktivitas yang berhubungan dengan pembelian, pembuatan, dan pergerakan produk.
Aktivitas
dalam SCM adalah SCM mengintegrasikan supplier, distributor, dan
logistik pelanggan ke dalam satu proses yang saling terkait untuk
mengurangi waktu, usaha yang redundan, dan biaya persediaan.
SCM
sangat berperan penting dalam bisnis karena SCM merupakan fasilitas
jaringan untuk mendapatkan bahan mentah, mengubahnya menjadi produk dan
mendistribusikanproduknya ke pelanggan.
3. Bagaimana sistem informasi berperan dalam SCM?
Jawab :
- Menentukan kapan dan apa yang akan diproduksi, disimpan, dan dipindahkan
- Mengkomunikasikan permintaan secara cepat
- Menelusuri status permintaan
- Mengecek ketersediaan barang dan memonitor tingkat persediaan
- Menelusuri pengiriman
- Merencanakan produksi berdasarkan permintaan pelanggan
- Mengkomunikasikan perubahan rancangan produk secara cepat
- Menyediakan spesifikasi produk
- Membagi informasi mengenai pengembaliaan
4. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi perusahaan ?
Jawab :
Sistem Informasi Perusahaan (Enterprise Information System / EIS) atau sering dikenal dengan nama sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang enterprise (Enterprise Resource Planning/ERP), yang menyediakan integrasi dari seluruh bidang di perusahaan.
Sistem
ERP adalah suatu sistem yang memungkinkan manajemen terhadap seluruh
sumber daya perusahaan secara keseluruhan yang menangani berbagai proses
internal perusahaan.
5. Keuntungan apa yang dapat diperoleh dengan adanya ERP ?
Jawab :
· Struktur perusahaan dan organisasi : satu organisasi
Sistem
enterprise mendukung struktur organisasi yang sebelumnya tidak mungkin
untuk menciptakan budaya organisasi yang lebih disiplin.
· Manajemen : proses manajemen berbasis pengetahuan
Sebagai
tambahan terhadap otomatisasi pada banyak transaksi bisnis yang penting
seperti pembayaran supplier, perubahan status keuntungan pegawai,
sistem enterprise juga dapat memperbaiki laporan dan pengambilan
keputusan manajemen.
· Teknologi : platform tunggal
Menyediakan perusahaan dengan platform dan lingkungan teknologi informasi yang tunggal.
· Bisnis : lebih efisien dan proses bisnis yang digerakkan oleh pelanggan
Sistem
enterprise digunakan untuk mengambil biaya unit dan kualitas data,
perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa.
6. Cari perusahaan yang menggunakan e-comers sebagai sistem pembayaran !
Jawab :
- PT. Pertamina
- PT. Fujitsu System Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar