Selasa, 10 April 2012

Jawaban matkul internet DNS dan PROXY

  1. Jelaskan pengertian DNS dan Proxy!
Jawab:
a. DNS (Domain Name Server)
Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.
b. Proxy
Proxy server adalah tekhnik standar utuk akses internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam sebuah local area network (LAN) melalui sebuah modem atau sebuah salauran komunikasi.Secara sederhana proxy adalah seseorang atau lembaga yang bertindak atas nam dati orang lain/lembaga/negara lain.
Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.
  1. Gambarkan tentang system DNS dan Proxy!
Jawab:
a. DNS (Domain Name Server)
STRUKTUR DAN PRINSIP KERJA DNS
A. Struktur DNS
Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:Sebuah nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label), dipisahkan dengan titik. Label paling kanan menyatakan top-level domain - domain tingkat atas/tinggi (misalkan, alamat www.bestcyber.blogspot.com memiliki top-level domain com). Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: "subdomain" menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: blogspot.com merupakan subdomain dari domain com, dan bestcyber.blogspot.com dapat membentuk subdomain dari domain blogspot.com (pada prakteknya, bestcyber.blospot.com sesungguhnya mewakili sebuah nama host - lihat dibawah). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi secara praktek, beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit.
Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah
tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.bestcyber.blogspot.com memiliki nama host "www". DNS memiliki kumpulan hirarki dari DNS servers. Setiap domain atau subdomain memiliki satu atau lebih authoritative DNS Servers (server DNS otorisatif) yang mempublikasikan informas tentang domain tersebut dan nama-nama server dari setiap domain di-"bawah"-nya. Pada puncak hirarki, terdapat root servers- induk server nama: server yang ditanyakan ketika mencari (menyelesaikan/resolving) dari sebuah nama domain tertinggi (top-level domain)..
B. Root-Level Domains
Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).
C. Top Level Domain
Selain penjelasan diatas, pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
ƒ com Organisasi Komersial
ƒ edu Institusi pendidikan atau universitas
ƒ org Organisasi non-profit
ƒ net Networks (backbone Internet)
ƒ gov Organisasi pemerintah non militer
ƒ mil Organisasi pemerintah militer
ƒ num No telpon
ƒ arpa Reverse DNS
ƒ xx dua-huruf untuk kode negara (id:Indonesia, sg:singapura, au:australia,dll)
Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.
D. Second-Level Domains
Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.
E. Host Names
Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.

b. Proxy
Proxy server sendiri pada awalnya dikembangkan untuk penyimpanan halaman website yang sering diakses, dikarenakan keterbatasan koneksi(pada saat itu kecepatan internet masih sangat terbatas dan halaman web masih bersifat statis). Pada jaringan internet haya terdapat beberapa ribu situs yang sebagian besar dipergunakan oleh ilmuwan dan pihak akademis. Pada saat itu fungsi internet dipakai untuk menyebarkan informasi yang penting bagi para ilmuwan dan akademisi.

Karena dapat menyimpan halaman halaman web pada server local, proxy dapat mengurangi beban akses internet yang berlebihan pada saat mengambil kembali halaman yang sama berulang – ulang. Jadi pada saat itu proxy efektif untuk web caching. Semakin berkembangnya teknologi Internet seperti saat ini, banyak halaman webyang bersifat dinamis dan jumlah halaman yang sangat banyak serta diakses banyak user menyebabkan caching proxy menjadi sangat tidak efektif, kecuali pada pemakaian suatu lingkup organisasi besar atau ISP. Meskipun pada saat itu semua browser standar memiliki dukungan padaproxy server, sejak 1996 proxy server untul web caching sangat jarang digunakan. Proxy server sering kali dihubungkan dengan layanan HTTP karena proxy server pertama kali dikembangkan untuk layanan ini
Saat ini banyak sekali layanan proxy, mulai dari fungsi filter pada Aplication Layer untuk firewall, sampai aplikasi umum yang murni “proxy” seperti software wingate, winproxy dan sebagainya.

Proxy bekerja dengan mendapat request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah olah proxy server itu sendiri lah yang melakukan request dan menjadi klien. Pada saat proxy server menerima respon dari server public, ia menerima respon tersebut ke klien yang asli seolah olah proxy server itu adalah public server.

Cara kerja proxy server yang demikian memberikan manfaat yang sangat besar. Proxy dapat dipakain untuk menyembunyikan semua user di belakang suatu mesin lain, proxy dapat membuang filter URL dan membuang contentyang tidak dibutuhkan. Sehingga meskipun pada awalnya proxy server adalah sebagai web caching pada saat ini proxy server cenderung sebagai firewalling.
Beberapa kegunaan proxy server :
· Menyembunyikan Identitas
· Pemblokiran akses situs tertentu
  1. Proxy dapat diaplikasikan dimana saja selain di Windows?
Jawab:
Selain di Windows, proxy juga dapat diaplikasikan di Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar